Cenil Singkong (Ongol-ongol) by Nafiz Habibi Nadhifi




Bahan-bahan
1 kg singkong (berat bersih setelah di kupas dan di parut)
350 ml santan sedang
200 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk putih
1/4 sdt vanili
pewarna makanan merah,kuning,hijau,ungu
bahan taburan
100 gr kelapa parut setengah tua
garam
vanili


Langkah

Siapkan kukusan dan didihkan air,bungkus tutup dengan serbet.
Siapkan 4 loyang olesi dengan minyak goreng alasi dengan plastik tahan panas kemudian olesi lagi.
Peras air singkong,tapi jangan sampai singkong kering.buang air nya,sisihkan singkong nya.
Dalam wadah campur gula pasir dengan agar bubuk,masuk kan santan aduk rata.
Masukkan singkong dan vanili aduk rata.
Bagi menjadi 4 bagian,beri masing2 pewarna.
Tuang masih2 dalam loyang,kemudian kukus selama 30menit / hingga matang.angkat dan biarkan dalam loyang hingga dingin.
Keluar kan dari loyang,potong2 kemudian taburi dengan bahan taburan.
Bahan taburan : semua bahan di campur kemudian di kukus.




Cenil merupakan makanan tradisional yang memiliki rasa kenyal. Makanan ini menjadi salah satu jajan pasar yang mudah dijumpai dipasaran. Bentuknya yang unik, warna – warni, kenyal, dan manis, atau kadang juga gurih, membuat makanan ini menjadi makanan khas yang cukup digemari. Makanan ini dibuat dari tepung kanji diberi warna merah dan direbus. Dibalik namanya yang unik makanan ini mempunyai rasa yang kenyal, manis dan sedikit lengket. Dalam proses penyajiannya makanan ini, biasanya dicampur dengan kelapa yang diparut, beberapa pisang yang dipotong kecil, dan lontong ketan yang manis.

Proses pembuatan makanan ini terbilang sedikit rumit karena membutuhkan banyak bahan dan keterampilan memasak yang baik. Meskipun begitu makanan ini memiliki banyak manfaat. Selain itu, kandungan gizinya tidak mengalahkan dengan makanan lainnya. Seperti kandungan kalori, protein, karbohidrat , lemak dan yang lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat cenil ini, berikut inilah manfaatnya.

Cenil, Manfaat Cenil, Khasiat Cenil

1. Melancarkan sistem pencernaan
Khasiat cenil yang pertama dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalamnya akan bermannfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga dengan rutin mengkonsumsinya anda akan terhindar dari resiko gangguan sistem pencernaan.

2. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan peristiwa kerapuhan tulang karena terkikis yang berkembang sesuai dengan usia seseorang. Untuk mencegahnya maka anda bisa rajin mengkonsumsi cenil ini. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya akan berguna untuk memadatkan tulang.

3. Mengembangkan otot
Manfaat lainnya dari cenil berguna untuk mengembangkan otot. Kandungan protein yang ada di dalamnya berfungsi untuk mengembangkan otot sehingga otot tampak lebih berisi dan kuat. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk mengambangkan otot pada tubuh anda.

4. Menjaga tekanan darah
Jika anda sering mengalami masalah dengan tekanan darah yang tidak normal maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi cenil ini. Kandungan yang terdapat pada makanan ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Hal inilah yang menjadikan bain untuk dikonsumsi.

5. Mencegah anemia
Anemia merupakan kondisi kekurangan darah. Hal ini bisa menyebabkan penderitanya merasa lemas dan pusing. Untuk mencegahnya maka, anda bisa rutin mengkonsumsi cenil ini. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya akan berguna untuk memproduksi sel darah merah.

6. Sebagai sumber energi
Energi merupakan salah satu sumber kekuatan untuk tubuh. Kandungan karbohidrat yang ada dalam makanan ini bermanfaat sebagai sumber energi yang diperlukan untuk tubuh. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi cenil ini sebagai makanan penambah energi bagi tubuh.

7. Menaikkan berat badan
Jika anda punya masalah dengan berat badan maka dapat diatasi dengan mengkonsumsi cenil. Kandungan karbonhidrat yang ada di dalamnya akan berguna untuk menambah kenaikan berat badan. Sehingga makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin menaikkan berat badan.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi tubuh dari infeksi bakteri ataupun penyakit. Kandungan zat besi yang terdapat pada cenil juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka, akan membantu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Membantu metabolisme
Metabolisme merupakan proses yang terjadi pada tubuh untuk meningkatkan energi yang diperlukan untuk tubuh. Maka dari itu, untuk membantu proses metabolisme tubuh anda bisa melakukannya dengan cara banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya berguna untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh.

10. Membantu fungsi otak
Otak berfungsi untuk mengatur sebagain besar gerakan, prilaku dan fungsi tubuh. Agar otak berfungsi dengan baik maka, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu membantu fungsi otak agar bekerja dengan efektif. Oleh karena itu, mulailah untuk mencoba makanan ini.

sumber: khasiat