Pie Susu Teflon by Monica Tri Andhina



by Monica Tri Andhina

Yg paling jengkelin dr bikin ini kue adalah kulitnya gampang pecah..setelah bereksperimen berkali" akhirnya berhasil n g pecah..😂


Hasil jadi: 2 porsi
Bahan-bahan
kulit :
250 gr tepung terigu
150 gr margarin (taruh di lemari es sebentar)
vla susu :
240 gr susu kental manis (blh putih/coklat, setara 6sct)
4 sdm maizena
200 ml air
4 btr kuning telur


Langkah

Campurkan tepung terigu dan mentega (campur pake jari tangan aja jangan ditekan-tekan dgn telapak tangan. Tdk perlu kalis cukup tercampur rata dan bisa dicetak d teflon)



Taruh 1/2 adonan kulit diteflon ratakan buat agak cekung sedikit jangan terlalu tnggi dindingnya. Kemudian lubangi tengahnya dgn garpu supaya nanti tdk menggelembung. Panggang selama kurleb 15-20menit. (Sy pake teflon uk 24cm)



Setelah kulit setengah matang,masukkan adonan fla setengah adonan aja dikira" sampai tdk meluber lbh dr kulitnya.



Tutup dgn tutup teflon panggang kurleb 20 menit
Tunggu 15-30menit utk mengeluarkan dr teflon...kalo lgsg d keluarkan nanti pecah.
Ulangi step 2-5 utk sisa adonan...ini resep utk 2 porsi..
Pie siap di hidangkan dgn berbagai topping kesukaan anda.









Cita rasa manis gurih susu seolah menggoda untuk menikmati camilan pie susu khas Bali ini setidaknya dua potong dalam sekali makan. Meski kelihatannya kecil dan tidak berlemak tinggi, satu buah penganan berbahan dasar terigu, mentega, telur, vanilla, dan susu kental manis berukuran sedang ini mengandung sekitar 172 kkal. Sementara itu, separuh dari total kalori ini berasal dari lemak dan karbohidrat, dengan proporsi yang hampir seimbang. Angka itu hampir setara dengan satu porsi nasi, yang umumnya sekitar 200 kkal. 

Terkait sumber karbohidrat, yang termasuk memiliki porsi asupan gizi harian terbesar, perlu dipahami bahwa jenis yang terbaik adalah yang berserat tinggi. Tepung terigu halus sebagai bahan baku roti dan kue sebenarnya tidak dianjurkan   dikonsumsi rutin karena seratnya sudah hilang saat mengalami pemrosesan. Jadi meski mengandung kalori sama dengan nasi, mengonsumsi penganan ini tidak akan memenuhi karbohidrat tubuh Anda.