Risol Mayonaise by Dita Damaya



by Dita Damaya

Karena tahun lalu banyak yang suka risol mayo buatanku, tahun ini aku buat yang agak banyak. Cita rasa utama yg di butuhkan pada risol mayo adalah pemilihan jenis mayonaise dan saus serta banyaknya isi yang digunakan.


Hasil jadi: 50 buah
Bahan-bahan
Kulit:
500 gr tepung terigu
3 butir telur ayam
1000 ml air
1 sdt garam
1 bungkus penyedap rasa
Isian:
6 butir telur ayam, rebus, 1 telur di bagi menjadi 8 bagian
15 buah sosis ayam, 1 sosis di bagi menjadi 8 bagian
500 gr mayonaise (aku pakai merk maestro mayonais)
2 botol kecil saus (aku pakai saus indofood pedas manis)
1/4 kg tepung panir (secukupnya)
3 butir telur, kocok


Langkah

Campurkan semua bahan kulit. Aku pakai mixer dengan speed 1.


Setelah halus, buat kulit dengan api sedang. Kulit yang di buat jangan terlalu tipis. Aku pakai api sedang. Jangan sampai ada bagian yang bolong.


Setelah adonan kulit dingin, masukkan isian sesuai selera. (Aku masukkan 1/8 telur ayam, 1/4 sosis, 1 sdm saus dan 1 sdm mayonaise. Mayonaise bisa di beri agak banyak karena rasanya akan lebih enak. Lalu bungkus menyerupai sosis basah.


Jika sudah selesai, masukkan ke dalam telur yang sudah di kocok lalu lumuri dengan tepung panir. Pastikan tepung panir lengket pada kulit risol.
Goreng dengan api kecil karena isian dan kulit sudah matang. Goreng hingga coklat kekuningan tetapi jangan sampai gosong.
Risol mayonaise siap di santap setelah agak dingin. Jangan di makan langsung karena saus dan mayonaise di dalamnya sangat panas setelah di goreng.






Risoles adalah makanan yang isinya biasanya dari daging, sayur araupun kentang. Isi dagingnya yang ada di dlam risoles biasanya di cincang terlebih dahulu. Selain itu juga ada sayuran yang dibungkus dnegan dadar. Sesudah itu, melalui proses penggorengan, lalu dilapisi tepung panir dan juga kocokan telur ayam. Selain digoreng, risoles ini juga bisa dipanggang di dalam oven dan dihidangkan sebagai makanan ringan.

Risoles ini dalam bahasa belanda disebut dengan rissole, makanan ini rasanya sangat lezat dan nikmat. Selain itu, risoles ini memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang menjadikan makanan ini memiliki khasiat dalam menyehatkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daging risoles untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah diabetes
Manfaat risoles yang pertama yaitu mampu mencegah penyakit diabetes. Diabetes sendiri biasanya dikarenakan oleh kurangnya kadar insulin yang memiliki peran dalam membantu merombak gula di dalam darah. Di dalam risoles ini di dalamnya mengandung insulin yang sangat cukup untuk memnuhi kadar insulin di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya daging sapi di dalam risoles ini.

2. Meningkatkan kecerdasan otak
Selain mampu mencegah penyakit diabetes, risoles ini juga bisa berguna utnuk meningketkan kerja otak. Hal ini karena di dalamnya ada kandungan zat protein, omega 3 dan juga omega 6. Zat tersebut adalah zat yang bisa membantu dalam mengoptimalkan kinerja otak agar tetap stabil. Sehingga, hal ini akan membantu dalam meningkatkan kecerdasan otak.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Selain mampu meningkatkan kecerdasan otak, nutrisi yang terkandung di dalam risoles ini juga bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan daging sapi yang ada di dalamnya terkandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mempunyai kemampuan dalam menjaga sistem imun tubuh dari berbagai serangan penyakit.

4. Mencegah anemia
Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh. Dimana zat besi ini mempunyai fungsi utama dalam membantu memproduksi sel-sel darah merah di dalam tubuh. Maka, dengan mengonsumsi risoles ini mampu membantu dalam menambah kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh agar tidak kekurangan zat besi.

5. Mempercepat penyembuhan luka
Risoles ini mempunyai bahan dasar daging yang dimana merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi. Protein hewani ini adalah salah satu zat pembangun yang memiliki peran dalam mempercepat proses penyembuhan pada luka luar ataupun dalam. Maka dari itu, makanan ini bisa membantu kita dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Dapat mencegah obesitas
Selain bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka, risoles ini juga mempunyai kandungan lemak yang sangat rendah dan protein yang cukup tinggi. Hal ini tentunya dapat mencegah naiknya berat badan kita secara signifikan. Sehingga, kita tidak perlu khawatir berat badan akan naik apabila mengonsumsi risoles ini.

7. Sebagai sumber energi
Risoles ini memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Dimana kalori tersebut memiliki peran sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Jumlah kalori yang dipunyai makanan ini dapat memenuhi kebutuhan energi harian yang diperlukan oleh tubuh kita dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya.

8. Mencegah penyakit stroke
Stroke adalah penyakit yang dikarenakan sel-sel syaraf yang kurang mendapatkan asupan oksigen dari pembuluh kapiler. Asam lemak jenuh yang terkandung di dalam risoles ini mampu membantu dalam memperlancar sirkulasi darah.

9. Meminimalisir serangan jantung
Serangan jantung adalah penyakit yang cukup berbahaya dan bisa disebut penyakit pembunuh. Omega 3 dan omega 6 yang terkandung di dalam risoles ini bisa mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut diyakini mampu meminimalisir racun yang masuk pada tubuh, sehingga akan mengurangi resiko serangan jantung.

10. Memperkencang dan memperkuat otot
Protein yang terkandung di dalam risoles mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa menguatkan dan juga mengencangkan otot. Maka dari itu, hal ini sangat cocok bagi yang sedang ingin membentuk tubuh seperti halnya binaragawan.

Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat risoles bagi kesehatan tubuh yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan ini. Semoga bermanfaat.

Sumber: khasiat