Donat Kentang 3 Hari Masih EMPUK by Ambarnyararakiki


by Ambarnyararakiki

Empukkk....banget meski udah dingin

Bahan-bahan 
500 gram terigu protein tinggi
200 gram kentang (kukus haluskan)
5 sdm gula pasir
2 butir telur (hilangkan 1 putihnya)
2 sdm ragi instan (saf instan recomended)
2 sdm margarin
1 sachet susu bubuk (saya dancow vanilla)
air secukupnya sampai kalis elastis aja

Langkah 
  • Larutkan ragi, 1 sdt gula pasir, 50 ml air hangat, biarkan mengembang
  • Campur bahan kecuali margarin dan garam, uleni sampai setengah kalis (saya menggunakan mixer spiral)
  • Tambahkan margarin, garam, lanjut ulenin sampai betul2 kalis elastis ya, sisihkan tutup serbet bersih, biarkan profing dan mengembang kira2 30 menit
  • Setelah mengembang, kempiskan adonan, pindah ke meja kerja tabur terigu, gilas pipihkan, lalu cetak bentuk donat, istirahatkan lagi sampai mengembang kira2 15 menit
  • Panaskan minyak, lalu goreng dengan api kecil, goreng sampai keemasan, tiriskan, dan silahkan diberi topping sesukanya,,,, happy cooking:-)


Manfaat Donat Kentang
Di balik bentuknya yang tidak begitu menarik tapi lezat jika diolah dengan berbagai macam masakan ini, ternyata memiliki khasiat yang tidak sedikit. Selain rasanya yang nikmat jika disantap meski di goreng, rebus, panggang, di sayur atau dijadikan pasta sekalipun tetap saja lezat.

Tapi tahukah Anda jika donat kentang ini merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.

Donat Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi. Kandungan potassium donat  kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber.