Klepon Tepung Ketan by Oliviani Kholifah



by Oliviani Kholifah

Menu buka puasa hari iniπŸ˜‹πŸ˜‹


Bahan-bahan
2 gelas tepung ketan
1/4 butir kelapa parut
garam
sisir gula merah
pasta pandan
1/2 sdt vanilli bubuk
air


Langkah

Aduk rata kelapa parut,1/4 sdt garam dan bubuk vanilli,kukus kurleb 10 menit supaya tidak cepat basi.angkat dan sisihkan
Dalam wadah campur tepung ketan,pasta pandan dan 1/4 sdt garam.uleni dengan air sedikit demi sedikit sampai kalis.saya pake 3/4 gelas udh kalis
Didihkan air dalam panci,beri 3 sdm minyak goreng
Bentuk bulat adonan klepon,isi dengan gula merah sisir lalu masukan dalam air yg sudah mendidih.masak sampai klepon mengapung
Gulingkan klepon ke kelapa parut yg sudah dikukus.biarkan dingin lalu tata dalam piring saji
Kue klepon siap dinikmati




Pinky klepon😍😍😍cantikk


Kandungan nutrisi pada beras ketan diantaranya yaitu kalori, rendah lemak, protein, vitamin dan berbagai sumber mineral penting yang berguna untuk tubuh. Bahkan beras ketan mengandung vitamin A dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan untuk mencegah berbagai macam penyakit yang mungkin membahayakan Anda.

Nah, Inilah Manfaat Beras Ketan
1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Beras ketan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Adapun manfaatnya yaitu untuk memperlancar pencernaan dan memelihara kesehatan jantung. Mengkonsumsi beras ketan memiliki dampak positif untuk menjaga kesehatan tubuh.
2. Sumber Energi
Dalam secangkir beras ketan mengandung 169 kalori atau bisa dikatakan sekitar 8% dari asupan kalori yang direkomendasikan. Disamping itu, dalam secangkir beras ketan mengandung 4% niacin, tiamin yang berguna sebagai sumber energi untuk membantu proses metabolisme tubuh.
3. Menangkal Radikal Bebas
Beras ketan mengandung mineral penting seperti selenium yang bermanfaat sebagai antioksidan tubuh. Nutrisi tersebut berguna untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan serta membantu meningkatkan sistem/daya tahan tubuh.
4. Menjaga Sistem Metabolisme
Kandungan mangan pada beras ketan berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh supaya tetap sehat dan normal. Disamping itu, kandungan vitamin B6 berguna untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Nutrisi tersebut akan berkontribusi dalam membantu pembentukan sel-sel darah merah.
5. Mengatur Aktivitas Dari Hormon Tiroid
Selenium pada beras ketan berfungsi untuk mengatur aktivitas hormone tiroid dan berperan penting dalam membantu kinerja pembuluh darah sehingga berfungsi dengan baik. Didalam secangkir beras ketan mengandung sekitar 9.7% selenium sehingga bisa mencukupi setengah dari rekomendasi yaitu 18%.
6. Menjaga Kesehatan Tulang
Beras ketan mengandung sejumlah protein dan mangan. Nutrisi tersebut memiliki peranan yang sangat luar biasa dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi beras ketan maka sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tulang.
7. Membantu Mengontrol Nafsu Makan
Adanya kandungan vitamin B6 pada beras hitam akan sangat berguna sebagai neurotransmitter serotonin. Hal ini berguna untuk mengatur pola dan nafsu makan Anda setiap harinya. Pola makan teratur akan membuat Anda senantiasa sehat dan terhindar dari obesitas.

Klepon lampu lalu lintas😍😍