Onde-onde Lembut dan Kokoh Kulitnya...Krenyes..Krenyess...

Bikin yang simpel tp memuas kan hasilnya. Tanpa harus pakai kentang, tetap empuk banget, dan kulitnya krenyes kokoh tp tidak keras ya.. Happy cooking...


Bahan-bahan 
Bahan kulitnya :
125 gr tepung ketan
30 gr tepung beras (2sdm)
1 sdm tepung tapioka
25 gr gula pasir
1 sdt margarin
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt baking powder (optional)
1/4 sdt garam
110 ml air hangat (sesuaikan)
bahan isiannya :
100 gr kacang hijau kupas
100 ml santan
50 gr gila pasir (sesuaikan)
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
air secukupnya (untuk merebus kacang)


Langkah 

  • Adonan kulit : campurkan margarin, gula, vanili,bp dan air sedikit, lalu aduk rata.Masukkan semua tepung dan beri air lalu uleni sampai rata dan bisa di bentuk, airnya disesuaikan ya
  • Untuk isiannya : rebus kacang hijau dengan air secukupnya masak hingga empuk, lalu blender kacang hijau,santan,gula,vanili,garam sampai halus setelah itu masak wajan seperti memasak selai sampai kering dan bisa di bentuk.
  • Ambil 20gr adonan kulit dan 10gr isian nya lalu basahi tangan sedikit lalu bentuk adonan Setelah bulat masukan ke wijen.
  • Setelah masukan ke wijen. Lalu bulat kan kembali agar wijennya menempel sempurna, lalu siap di goreng dengan api kecil dan diaduk pelan2.
  • Note :pada saat menggoreng, minyak harus banyak sampai ondenya terendam, dan masukkan inde saat minyak masih hangat,dan aduk terus pelan2 sampai onde terapung dan mengembang, jika sudah mengembang. Api agak di besarkan lalu masak hingga kuning keemasan. Jangan lama2 menggoreng. Jika sudah terapung dan warna sudah kuning keemasan langsung angkat agar tidak meletus


Benar2 empuk walau tanpa kentang dan kulit tidak kempes ya asal gorengnya dan takaran bahan sesuai.

by Mamayu (@reuz_azka)

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.