Bola-bola Ubi Goreng by Rachel Sampouw



by Rachel Sampouw

Bahan-bahan
1/2 kg ubi merah
1 sachet santan Kara
Secukupnya gula pasir dan garam
2 sdm tepung sagu
Minyak goreng

Langkah

Kukus ubi sampai lunak.

Penyet ubi dengan garpu. 
Masukkan tepung sagu, gula pasir, dan sedikit garam. 
Uleni sambil sedikit demi sedikit masukkan santan sampai adonan bisa dipulung.
Goreng bola-bola ubi dengan api sedang. 
Bolak-balik supaya tidak gosong. Angkat.
Siap dhidangkan bersama teh hangat.👍





Kandungan Gizi

Salah satu makanan sumber karbohidrat yang dapat Anda konsumsi adalah ubi merah. Saat Anda bosan dengan nasi, Anda dapat menjadikan ubi merah sebagai karbohidrat pengganti. Bukan hanya sebagai sumber karbohidrat, ubi merah juga mengandung banyak mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsi ubi merah akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda, di antaranya adalah:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Ubi merah mengandung vitamin C yang cukup banyak. Satu buah ubi merah ukuran besar dapat memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin C Anda. Kandungan vitamin C tersebutlah yang dapat menjaga daya tahan tubuh Anda, serta membantu penyerapan zat besi.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mangan dalam ubi merah sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu mangan juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh stres. Saat Anda disibukkan dengan berbagai rutinitas yang dapat membuat Anda stres, ubi merah adalah solusinya.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Thiamin yang terdapat dalam ubi merah, merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh. Tugasnya dapat menjaga fungsi jantung agar tetap berfungsi secara optimal. Selain itu, thiamin juga dapat menjaga fungsi saraf.

4. Menstabilkan tekanan darah

Ubi merah juga mengandung kalium. Mineral yang satu ini turut membantu kinerja saraf, dan menjaga kinerja otot-otot jantung, serta menstabilkan tekanan darah. Hal tersebut dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan mata


Vitamin A merupakan salah satu kandungan gizi yang sangat penting bagi tubuh. Ubi merah dapat menambah asupan vitamin A pada tubuh Anda, sehingga dapat menjaga kesehatan Anda.

Sumber: cookpad | 1heath