Gepuk Tanpa Lemak Tanpa Presto...Empuk dan Lezaat

Olahan masakan yang menggunakan bahan dasar daging sapi tanpa lemak dengan beberapa tahap pengolahan seperti perebusan, pemotongan sampai pencampuran bumbu serta santan pada pembuata masakan ini adalah gepuk. Gepuk termasuk ke dalam sajian masakan khas Jawa Barat atau warga sunda dengan hasil racikan masakan yang terasa cukup manis di lidah namun tetap gurih.


Daging sapi yang dibuat gepuk hingga terasa empuk dan mudah saat dikunyah harus melewati proses pemipihan terlebih dahulu sebelum direbus kembali bersama dengan santan dan campuran bumbu halus serta beberapa bahan tambahan lainnya. 

Sedangkan pada tahap akhirnya, gepuk kembali dimasak dengan digoreng garing atau sedikit basah dari genangan minyak pada penggorengan. Selengkapnya mengenai pembuatan gepuk daging sapi dapat anda lihat pada ulasan cara membuat gepuk daging sapi ala sunda berikut ini.

Gepuk Daging Sapi Bandung

Bahan-bahan

Daging sapi ½ kg, tanpa lemak
Daun salam 2 lembar
Serai 1 tangkai , geprek
Daun jeruk 3 lembar
Lengkuas 1 cm, geprek
Air asam 1 sdm
Santan kelapa 1 liter
Gula merah 50 gr
Garam halus dan minyak goreng secukupnya

Bumbu-bumbu
Bawang merah 8 butir, haluskan
Bawang putih 2 siung, haluskan
Ketumbar sangrai 1 sdm, haluskan
Kemiri sangrai 5 butir, haluskan
Langkah Membuat Gepuk Sapi Bandung Enak

Untuk menghasilkan tekstur daging sapi empuk dan mudah dikunyah nantinya, mula-mula daging sapi ini direbus matang. Kemudian setelah selesai direbus, dilanjutkan dengan memotong-motong daging sapi sampai menjadi beberapa bagian, lalu dipipihkan hingga sedikit melebar.

Berikutnya, masak santan kelapa dengan direbus matang bersama dengan tambahan daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, air asam, gula merah, garam, dan bumbu halus masakan. aduk merata dan tunggu sampai matang lalu tambahkan dengan potongan daging sapi yang sudah dipipihkan. Biarkan campuran santan menyusut dan menyerap ke dalam daging sapi.

Setelah selesai direbus, kemudian potongan daging sapi ini digoreng matang.

Masakan gepuk daging sapi ala warga sunda sudah jadi dibuat dan siap untuk dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dan beberapa tambahan dari lalapan dan sambal segar.

Sumber: makananajib