Resep Roti Maryam 7 Ribuan Jadi Banyaaak. Cukup Dengan 3 Bahan Saja Lho..

Roti maryam atau roti konde merupakan camilan yang unik dan mengenyangkan. Biasanya saya beli dengan harga sekitar Rp 5000-7000 perlembarnya. Enak sih, tapi kalau melihat bahannya yang cuma tepung dan telur, rasanya kok agak kemahalan ya. Wah perhitungan bener nih wkwkwk.


Kepikiran juga untuk bikin sendiri, tapi ngebayangin bikinnya kok udah ribet ya. Utunglah nemu resep dari Maryam Maeco yang simpel banget karena hanya menggunakan 3 bahan utama saja. Cara bikinnya juga ternyata nggak terlalu sulit. Bunda juga pasti bisa membuatnya. Lumayan buat camilan di rumah pas hujan-hujan gini cocok kayaknya. Atau bisa juga buat ide jualan. Bisa untung banyak nih, hehehe..  Cukup dengan modal 7 ribuan bisa bikin 5 lembar kue maryam yang enak. Wow!
Yuk kita simak aja resepnya.

Bahan - bahan:
200 gram tepung terigu
80 ml air hangat
30 gram margarin
2 butir kuning telur
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Roti Maryam
  • Siapkan wadah, lalu masukkan terigu, margarin, kuning telur, garam dan air. aduk-aduk dan uleni sampai kalis.
  • Setelah kalis, bagi adonan menjadi 5 bagian. Bentuk jadi bulatan menggunakan tangan, kemudian olesi dengan margarin bagian atasnya. Tutupi wadah dengan plastik dan biarkan selama sekitar 1 jam.
  • Setelah satu jam, ambil satu bulatan adonan. tipiskan di atas bidang datar. Bisa menggunakan gilingan tangan atau cukup ditekan-tekan dengan jempol sampai tipis. Setelah tipis olesi dengan margarin cair.
  • Gulung memanjang, lalu gulung melingkar seperti konde, kemudian tipiskan lagi seperti pada gambar di atas. Lakukan untuk semua adonan.
  • Panaskan teflon dan panggang roti maryam menggunakan api kecil. Panggang sambil di bolak-balik supaya nggak gosong. Begitu waranya menjadi agak coklat kering dan terlihat matang, bisa langsung di angkat.


Selesai! Bunda bisa menikmat roti maryam ini bersama dengan taburan gula pasir, susu kental manis, parutan keju atau selai. Bisa juga dimakan bersama kuah kare dan daging ayam. Nikmaaaat!

Selamat mencoba yaa...!

Wow.. Roti Maryam Ternyata Punya 5 Manfaat Kesehatan!

Roti maryam merupakan jenis roti unik yang saat ini digemari masyarakat. Walaupun tidak diketahui asal usulnya, ternyata roti maryam memiliki kandungan gizi yang luar biasa dan mampu menggeser nasi karena tidak membuat gendut.

Berikut ini lima manfaat roti maryam bagi kesehatan yang mungkin belum Sobat GoHitz ketahui.

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Walaupun terbuat dari tepung, roti maryam mengandung serat sangat tinggi. Tingginya serat dalam roti ini mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Walaupun bisa melancarkan saluran pencernaan, roti ini cukup bermasalah bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan.

2. Menunda Lapar

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam roti maryam tidak hanya membantu melancarkan sistem pencernaan namun juga menunda rasa lapar selama beberapa jam mengingat roti ini memiliki kandungan gizi cukup tinggi yang  bisa membuat perut Sobat GoHitz berkompromi.

3. Membantu Usus Besar

Manfaat kesehatan lainnya dari roti maryam ialah membatu usus besar. Usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagai lokasi persinggahan akhir makanan sebelum sisa-sisa makanan dibuang dari tubuh. Nah, kandungan karbohidrat yang tinggi dan kompleks dalam roti maryam membantu pengeluaran sisa-sisa makanan dalam usus besar.

4. Rendah Lemak

Walaupun tinggi karbohidrat, roti maryam tidak membuat perut gemuk. Ini dikarenakan kandungan lemak yang minim dalam roti maryam dibandingkan nasi sehingga roti ini cocok dijadikan sebagai makanan diet.

5. Mengendalikan Gula Darah

Tidak seperti makanan karbohidrat pada umumnya yang dapat memengaruhi peningkatan kadar gula darah. Roti maryam ternyata sama sekali tidak menaikkan gula darah bahkan sebaliknya roti ini justru bisa mengendalikan gula darah.

Sumber : modrenid |gohitz